img_head
BERITA

KOORDINASI DAN SOSIALISASI MENUJU MODERNISASI ADMINISTRASI DI PENGADILAN DENGAN INSTANSI TERKAIT

Agu08

Konten : berita kegiatan
Telah dibaca : 448 Kali

Lhoksukon – Bertempat di ruang Sidang Utama Garuda Pengadilan Negeri Lhoksukon Kelas IB, kamis (03/08/2023) sekira pukul 14.15 WIB dilaksanakan Kegiataan Koordinasi dan Sosialisasi menuju Modernisasi terkait Perma Nomor 6,7 dan 8 yang dilaksanakan oleh Pengadilan Negeri Lhoksukon dengan Instansi-instansi terkait yang ada diwilayah Hukum Aceh utara.

Kegiatan yang menggunakan pendekan diskusi tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Lhoksukon Bapak Muhifuddin, S.H., M.H berjalan dengan lancar dan sukses. Dalam kata-kata pengantarnya Bapak Muhifuddin, S.H., M.H menjelasakan materi terkait perkembangan administrasi Peradilan yang dahulunya dilakukan secara manual sampai kepada era digital. Ada beberapa aplikasi yang diterangkan dalam kesempatan tersebut diantaranya aplikasi E-court dan E-Berpadu yang dalam penjelasannya juga ditayangkan dalam bentuk video. Pemaparan dilanjutkan juga dengan tayangan video terkait kerja sama Mahkamah Agung dengan PT POS Indonesia.

Selain itu Bapak Muhifuddin, S.H., M.H juga memaparkan data terkait jumlah perkara baik perdata dan pidana yang ada pada Pengadilan Negeri Lhoskukon dari tahun 2021 sampai dengan bulan juli tahun 2023. Dalam hal ini Bapak Muhifuddin, S.H., M.H menyoroti jumlah perkara perdata terkait permohonan kesalahan data dan jumlah perkara pidana terkait kasus narkoba yang setiap tahunnya selalu meningkat. Diakhir pemaparannya Bapak Muhifuddin, S.H., M.H menjelaskan terkait tatacara persidangan pidana pemilu.

Kegiatan diskusi tersebut diikuti oleh Bapak Bupati Aceh Utara yang diwakili oleh Kabag Hukum, Kajari Aceh Utara, Ketua Mahkamah Syariyah Lhoksukon, Ketua DPRK Aceh Utara, Kapolres Aceh Utara, Kalapas Lhoksukon, Danrem 011/Liliwangsa, Dandim 0103/ Aceh Utara, Kadis Dukcapil Aceh Utara, Dekan Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh, Kepala Pos Lhoksukon, Kepala BSI Lhoksukon serta Pengacara (Advocat).

Diksusi tersebut tersaji dengan baik dan mendapat apresiasi yang tinggi dari seluruh tamu undangan dan diharapkan agar bisa dilanjutkan dengan diskusi yang lainnya diwaktu yang akan datang.